Minggu, 23 Februari 2014

TEKNOLOGI MEMBANTU WANITA LEBIH BERDAYA



sumber: pribadi

Perkembangan teknologi yang pesat memberi peluang bagi siapa saja yang mau berusaha, termasuk wanita. Banyak hal yang dapat dimanfaatkan, mulai dari menggali  informasi seputar rumah tangga, berbisnis online, menjadi konsultan IT andal, hingga menjadi programmer game ahli!

Melalui Buku Girls & Tech, Ollie mendorong wanita agar lebih berani berimprovisasi dengan teknologi, karena dari sini lah mereka bisa lebih mandiri dalam menyelesaikan masalah hidup. Ollie yakin teknologi mampu membuat wanita lebih berdaya. “Teknologi itu memudahkan dan katalis untuk mempercepat kesuksesan”  (halaman 6).

Potensi wanita di bidang ini sebenarnya sangat besar. Wanita bisa melakukan beberapa hal  dalam satu waktu (multitasking), selaras dengan keperluan IT yang serba cepat. Selain itu, wanita memiliki keterampilan intrapersonal sangat bagus dengan lingkungan baru, berbicara persuasif, sampai mengurai masalah dengan empati (halaman 14). Stigma rumit, susah, dan tidak lazim hendaknya dilepaskan. Teknologi tidak mengenal latar belakang pendidikan, gender, dan usia.

Kunci membangun bisnis berbasis teknologi (Startup) adalah kemauan keras dan usaha maksimal. Startup bisa dimulai dari hal-hal kecil seperti bloging. Bloging secara kontinyu akan mengasah keterampilan sekaligus memperluas wawasan dengan dunia sekitar. Membangun komunitas juga menambah sinergi dan ilmu dari mitra ber-passion serupa.

Ollie memberi contoh wanita sukses di bidang teknologi. Catherine Hindra Sutjahyo, contohnya. Peraih penghargaan Majalah Fortune Indonesia tersebut baru merintis zalora.co.id, situs jual beli busana, pada tahun 2012. Namun jumlah transaksinya telah mencapai satu juta order pada Mei 2013! Berbagai strategi dilakukan Catherine seperti memasang iklan online dan offline, memberikan diskon dan harga menarik, dan mengganti gambar iklan setiap harinya (halaman 46).

 Ada juga Nuniek Tirta, inisiator komunitas #StartUpLokal sekaligus co-founder tiket.com. Nuniek bisa melakukan pekerjaannya saat di rumah sambil mengurus anak-anak. Jika harus pergi, dia masih bisa terhubung melalui Skype (halaman 57).

Ollie sendiri sudah merintis bisnis IT-nya saat duduk di bangku SMA. Berbekal kenekatan, ia mendirikan jasa konsultasi web bernama Kalong Design Co. Saat kuliah di Jurusan Teknik Informatika, dia kembali mendirikan jasa konsultasi web a la mahasiswa bernama XUFOS Labs. Proyek pertamanya adalah membuat situs pertemanan semacam Facebook dengan nama Suka2Kamu.

Jangan jadikan hambatan sebagai penghalang, terutama masalah modal. Bisakah memulai bisnis dari Rp0? Tentu saja bisa. Berbisnis berarti bertekad dan berkemauan keras mewujudkan visi terhadap ide yang dibangun. Modal uang bisa disiasati dengan memanfaatkan modal keahlian dan modal kemitraan.

Ollie pernah mangalami fase ini. Saat membangun bisnis penerbitan buku, modalnya tidak cukup untuk membeli mesin cetak khusus seharga lebih dari dua miliar. Namun dia tidak putus asa dan mencari partner yang mengurusi masalah percetakan dan perusahaan. Hasilnya, kini bisnisnya telah membantu menerbitkan lebih dari 2.000 buku secara indie dan menginspirasi puluhan ribu penulis baru di seluruh Indonesia untuk menulis (halaman 91).

Gilrs & Tech mengurai bagaimana memanfaatkan teknologi secara maksimal. Penulis yang pernah bertemu Marissa Mayer, CEO Yahoo! secara langsung ini tidak segan-segan memberikan tips-tips menunjang kemampuan teknologi, termasuk aplikasi gadget yang bermanfaat seperti Evernote. Evernote adalah aplikasi yang bisa membaca tulisan tangan sekaligus merekam suara di note ponsel pintar.  (halaman 176).

Desain buku juga menarik. Sampul buku dibuat seperti majalah wanita. Halaman-halaman dihiasi dengan ilustrasi-ilustrasi dan kombinasi warna pink yang menyala.
          
         Jadi, wanita lebih berdaya dengan teknologi? Kenapa tidak!
           
Diresensi oleh Sri Mulyati,
lulusan D-1 Perpajakan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara

Judul : Girls & Tech
Penulis: Ollie
Penerbit: Bentang Pustaka
Terbit: Cetakan I, 2013
Tebal: 186 halaman
ISBN: 978-602-7975-64-4

Harga: Rp49.500


*Resensi ini telah dimuat di Koran Jakarta. Versi korannya bisa dilihat di sini: http://koran-jakarta.com/?5695-teknologi%20dapat%20membantu%20wanita%20lebih%20berdaya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut