Minggu, 31 Maret 2013

MILIKILAH EMAS MURAH DAN MUDAH UNTUK MASA DEPAN!


MILIKILAH EMAS MURAH DAN MUDAH
UNTUK MASA DEPAN!
Oleh: Sri Mulyati

Sebuah pepatah mengatakan, “Sedia payung sebelum hujan.” Artinya, kita diminta mempersiapkan sesuatu sekarang untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan di masa depan. Pepatah tersebut sangatlah cocok jika diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dalam ranah kebutuhan finansial. Bedanya, di masa mendatang, bukan hanya hal-hal darurat yang harus ditangani, melainkan juga kebutuhan jangka panjang seperti naik haji, menikah, mendapatkan pendidikan, dan menjalankan masa pensiun yang menenangkan.
           
      Mengatur keuangan adalah salah satu kunci mendapatkan kesejahteraan finansial di masa depan. Dibutuhkan perencanaan matang dan kecermatan dalam mengatur keuangan tersebut. Idealnya, uang yang dikeluarkan harus berfungsi sebagai pemenuh kebutuhan, bukan sekadar tren atau menghambur-hamburkan uang semata. Begitu pula dengan tabungan yang dimiliki. Jangan-jangan tabungan kita tidak bisa “membeli” kebutuhan di masa mendatang karena laju inflasi.


         Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mencapai ketenangan finansial. Mulai dari investasi properti, investasi saham, hingga investasi pada bisnis riil. Tapi, tahukah Anda bahwa emas dapat menjadi primadona investasi masa depan Anda?


Emas memang identik dengan sesuatu yang prestisius, mewah, dan berharga. Bagi kaum hawa, emas lazim dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Bisa berupa cincin, gelang, kalung, maupun anting-anting. Namun, ternyata, fungsi emas tidak hanya sebatas pada perhiasan saja.

 Tanpa harus dikelola (disimpan pasif), emas dapat melindungi nilai asset Anda yang semakin menyusut dari waktu ke waktu. Emas selalu bisa “membeli” kebutuhan masa mendatang meskipun harga telah naik. Karena pada dasarnya emas tidak terpengaruh oleh inflasi. Selain itu, memiliki emas mengurangi risiko yang lebih besar seperti kepemilikan saham.


Nilai intrinsik emas semakin bertambah rata-rata 25% per tahun. Hal ini berlaku bagi dinar (koin emas) dan Logam Mulia (untuk selanjutnya disebut LM). Saat nilai emas tidak tergerus oleh inflasi, Anda tidak perlu khawatir lagi tentang berbagai kebutuhan di masa mendatang. Berbeda dengan nilai  uang kertas yang terus menurun oleh daya beli.


Contoh:
Tahun ini, Putra merencanakan pernikahan untuk 5 tahun ke depan dengan mengandalkan tabungan Rp5.000.000. Padahal kalkulasi biaya pernikahan standar baginya adalah Rp10.000.000. Jika dihitung dengan inflasi, biaya pernikahan akan membengkak menjadi Rp15.000.000. Penghasilan Putra Rp2.000.000 per bulan. Jika uang Putra digunakan untuk membeli LM 10 gram sebanyak 2 keping dan disimpan secara kontinyu, Insya Allah ia bisa melangsungkan pernikahannya tepat waktu, bahkan lebih cepat dari itu. Nilai LM lima tahun mendatang bisa mencapai lebih dari Rp25.000.000




Pertanyaannya, bagaimana Putra bisa memiliki LM 10 gram 2 keping jika uang yang dimiliki hanya Rp5.000.000? Bagaimana juga dengan kita agar bisa memiliki LM dengan jumlah yang sama (bahkan lebih) sementara uang yang dimiliki kurang dari harga LM sebenarnya?


Jawabannya adalah dengan mencicil emas. Tak perlu khawatir akan tersedianya penyedia cicilan emas tersebut. BRI Syariah hadir sebagai penyedia program Kepemilikian Logam Mulia (KLM) BRI Syariah. Tagline-nya sangat pas, yakni “Siapapun Kini Dapat Miliki Emas dengan Mudah dan Murah.”




KLM BRI Syariah membiayai nasabah dalam rangka memiliki LM Antam maupun non-ANTAM dengan nilai Rp3.500.000-Rp150.000. Dengan sistem cicilan, sangat terjangkau bagi nasabah dengan budget terbatas tetapi memiliki kemauan demi kesejahteraan di masa depan. Ya, apapun kebutuhan Anda di masa mendatang, emas lah alat investasi sekaligus pelindung asset Anda, dan BRI Syariah lah mitra terbaik bagi Anda.

Berikut ilustrasi cicilan dengan menggunakan kalkulator BRI Syariah (Dimisalkan LM 10 gram 2 buah sebesar Rp10.500.000).



Dengan demikian, sangatlah mudah bagi Putra untuk memiliki LM dua tahun mendatang. Tiap bulan, ia hanya menyisihkan 15% gajinya untuk mencicil emas. Putra bahkan bisa membayar cicilannya sekaligus setelah masa 1 tahun.

KLM BRI Syariah menggunakan akad ijarah dan akad qiradh. Akad Ijarah adalah akad jual-beli (beserta biaya pemeliharaan). Sedangkan akad qiradh adalah pinjaman murni tanpa tambahan. Nasabah hanya dikenakan biaya administrasi.

Jika ingin mengikuti program KLM BRI Syariah, apa saja syaratnya?
1.     Membuka rekening Tabungan BRI Syariah iB atau Giro BRI Syariah iB. Saldo awal cukup Rp50.000 saja
2.     Usia minimal 21 tahun atau telah menikah pada saat pembiayaan diajukan dan maksimal 65 tahun saat jatuh tempo atau masa persiapan pensiun
3.     Diperkenankan membuat joint income (penggabungan penghasilan) bagi suami-istri dengan syarat melampirkan slip gaji atau rekening tabungan/ giro pasagan selama tiga bulan terakhir
4.     Lunas diperkenankan setelah cicilan mencapai waktu 1 tahun

Sedangkan dokumen yang harus dilampirkan adalah aplikasi KLM, Surat Keterangan Persetujuan Suami/ Istri, fotokopi KK, fotokopi surat nikah, surat keterangan gaji, dan fotokopi rekening tabungan. Beberapa yang harus ditambahkan (apabila pembiayaan >Rp50.000.000) adalah NPWP.

Proses yang dibutuhkan dalam pengajuan KLM umumnya maksimal H+1.

Menjadi pengguna KLM BRI Syariah menguntungkan karena kita dapat memiliki emas dengan mencicil. Uang muka tergolong ringan, minimal 20% dan maksimal 45% dari harga pasar emas. Tak hanya itu, pembayaran cicilan melalui fasilitas autodebet dengan jangka waktu 2-5 tahun juga lebih fleksibel. Nasabah juga dibebaskan dari biaya asuransi penyimpanan emas.


Walhasil, kita tetap dapat memenuhi kebutuhan bulanan. Gaji tidak habis untuk kebutuhan investasi emas masa depan. Yang lebih penting lagi, kita telah bersiap dengan “payung” masing-masing. Kita bersiap menjemput “hujan” berupa kebutuhan-kebutuhan, entah naik haji, menikah, dan sebagainya. 

Jadi, tunggu apalagi. Segera ikuti program KLM BRI Syariah dan miliki emas murah dan mudah untuk masa depan! Hubungi BRI Syariah terdekat di kota Anda atau customer service 500-789. Bisa juga melalui twitter @BRISyariah dan akun Fb BRI Syariah.




Sumber gambar: brisyariah.co.id            
Facebook.com/LM.ANTAM
Sumber tabel: pribadi




*Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis #ROLomba @republikaonline dan @BRIsyariah bertema “Siapapun Dapat Memiliki Emas dengan Mudah dan Murah untuk Masa Depan”.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut