Kamis, 29 November 2012

KEPO (?)


Assalamualaikum. Selamat malam jumat, Pemirsa! :) Lama ya nggak ada kabar? :p Alhamdulillaah kabar saya baik.. 

Nah, pada paparan blog kali ini, saya mau mengulas sedikit ah, tentang kepo di dunia internet. 

Kepo itu definisi ringannya ya "mau-tahu-aja". Beneran, itu bukan seruan kayak ada orang bertanya, "Kamu lapar, nggak?" terus jawabannya "Mau tahuu aja." Seperti stalking, suka mengintip-intip sesuatu di internet gitu deh (hayoh looh apaan). Entah official website, entah blog seseorang, hingga status atau tweet seseorang.

Alasan seseorang ngepoin suatu laman web itu bermacam-macam. Dari iseng, iseng stadium dua jadi suka ngintip, terus jadi suka ngeliat, dan akhirnya jadi stalker. Entah itu ujungnya bisa berhari-hari, berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun. Bisa jadi motif percintaan masuk sebagai alasan. Bisa juga dendam karena pengen membuat konspirasi besar-besaran (ahaha, ini apaan)..

Kepo ini umumnya erat kaitannya dengan kecanduan internet. Ya, kayak saya gini nih. Sejak punya modem, stadium keponya makin parah. Syukurlah nggak sampai ke internist (dokter penyakit dalam) terus nggak sampai diopname gara-gara kekepoan ini :p. Dulu-dulu yaaa.. tetep aja. Sehubungan dengan kadar kealayan dan keababilan saya yang cukup besar, sering juga buka profil fb teman, ngelihatin apa saja statusnya, dia pacaran sama siapa, bahkan aktifitasnya yang padat pun saya ikuti. Memalukan? enggak sih.. tetapi melelahkan secara laten. Lama kelamaan, kalau nggak tahu apa yang dia tulis, apa yang dia tangkap, kayaknya ada yang kurang. Serasa kita ketinggalan banyak akan sesuatu (padahal sebenarnya nggak ketinggalan bahkan nggak kehilangan apapun!). Sampai sekarang, kecanduan dan kepo ini masih belum bisa dihilangkan seratus persen. Ya... doain aja, ya! Soalnya kalau lama-lama diterusin bisa ngelunjak jadi penyakit hati. Bisa nggak bersyukur dengan apa yang kita punya. Begitchuuu.

Emang nggak ada hal positifnya gitu? Ada dong. Seperti kedua sisi mata uang, ada sisi negatif, ada sisi positifnya juga. Kepo ini nggak berbatas pada satu orang saja, tetapi bisa menyebar kemana-mana. Hihihi. Sering nemu web-web yang bermanfaat, akun yang bikin hati lebih segar, dan yaaa.. begitulah adanya :-)

Berikut situs atau akun yang bisa teman-teman jelajahi. Yaa, mendingan biar internetan itu bermanfaat banyak juga. At least dapat pandangan yang lebih luas tentang kehidupan gitu looh (sok bijak). 

1. kuntawiaji.tumblr.com
blog ini milik lulusan FK UI, namanya Yunus Kuntawi Aji. Banyak hal yang bisa didapat: pengetahuan tentang kedokteran, fitur ask and answer, dzikir, gambar-gambar keren, bahasan ringan, dan sebagainya. Btw, dia juga telah menulis sebuah kumcer bersama Kinsia Eyusa Merry berjudul Taste Buds. Kesannya? bagus kok :-), buat perasaan kita. Harga kumcernya juga cukup terjangkau, Rp33.000

2. zhizhisiregar.tumblr.com
kalau pengen baca tulisan yang strong, terutama buat kalian para kaum hawa, di sinilah tempatnya. FYI, dia adalah penulis Loving U, penulis yang imut-imuuuut beberapa tahun lalu. Puteri dari penulis beken Pipiet Senja

3. kafefaris.blogspot.com
blog milik Ahmad Faris, seorang penulis, juga seorang mahasiswa magister HI di Universitas Ankara, Turki 
blognya berisi motivasi dan kisah-kisah mengharukan. Tentu ada konten tentang Turkinya juga doong hehe *mupeng Turki*

4. @yusuf_mansur
absolutely it contains most about shodaqoh :)

5. @mbelajar
dikelola oleh @abdfaiz a.k.a Abdurrahman Faiz, penyair berbahasa Turki, yang berpuisi 
"Aku mencintai Bunda seperti aku mencintai surga."

6. Darwis Tere Liye
https://www.facebook.com/darwistereliye, sebuah fanspage berisi pengingat akan hal-hal yang sering kita lupa

7. Ahmad Rifai Rifan - facebook
lulusan pondok pesantren ini telah menerbitkan lebih dari 20 buku. Isinya? just try to add him :-)

Baiklah. Demikian beberapa laman yang bisa teman-teman akses agar pengepoannya bermanfaat. Hehe. Yang mau menambahkan dipersilakan. Yang tidak kalah penting adalah, ambil manfaatnya, dan tetaplah menjadi dirimu sendiri 

this post is especially made for myself. hehe

Passcity, 29 November 2012

Semoga bermanfaaat :D


3 komentar:

  1. kosakata baru, seperti "cetar", kepo, yang sampe saat ini saya nggak paham maksudnya itu, agak sedikit membingungkan bagi kita yg nggak mengikuti "jaman". prediksinya, kalau ini terjadi terus, maka kita akan merasa hidup di dunia yang lain meski kita sebenarnya pake bahasa yg bener. :)

    tulisannya, saya suka bagian endingnya.. "ambil manfaatnya" dan "especially made for my self", hahaha.. sebuah pengakuan :P

    keep writing >> advise for www.fathoniawan.com :D

    BalasHapus
  2. kata-kata unik tersebut memang muncul kayak banjir ya, ton, nggak bisa dibendung. tapi, menurutku nggak bakal segitu ngefeknya di penggunaan bahasa Indonesia yang resmi nan formal. lagian aku juga nggak sering-sering banget.

    pengakuan itu lebih baik daripada tidak ada pengakuan :p

    thanks

    BalasHapus
  3. iya iya betul betul... cuman kemarin pas ke djekardah ada ngrasa beda aja.. :)
    ya namanya Indonesia, beda daerah udah beda bahasa...

    haha.. betul sepakat!
    keep writing itu advise buat guee :P yg sebulan sekali ngisi blognya :P

    BalasHapus

Pengikut