Sabtu, 10 November 2012

SERUNYA MENJELAJAH TAKABONERATE



Selama satu bulan terakhir, saya banyak menghabiskan waktu di rumah saja. Hal ini dialami juga oleh teman-teman satu angkatan. Perkuliahan sudah usai. Otomatis saya tidak ke kampus :D. 

Aktifitas banyak berkutat antara makan-tidur-lihat tivi. Cukup membosankan memang. Ingin sekali saya pergi kemana.. gitu. Biar ada tantangan baru. Bertamasya melepas penat terlintas di benak saya. Bagus juga. Menjejakkan kaki ke luar rumah, apalagi menjelajah wisata alam di tempat yang belum pernah saya jangkau akan membantu relaksasi pikiran dan fisik kita. Keren pastinya, ya? :) Ya keren lah. Selama sembilan belas tahun, tempat melancong terjauh saya ada di Bali, hehe.. Saya bisa menikmati pemandangan alam, mengenal budaya yang berbeda, bertemu dengan komunitas baru, dan lain sebagainya.

Nah, setelah googling dengan perasaan yang meluap-luap tiada tara (oke, agak lebai, tetapi memang seperti ini biasanya), akhirnya saya menemukan satu tempat yang wow. Taman Nasional Takabonerate namanya. Taman nasional ini merupakan tempat wisata yang melingkupi 21 pulau sekaligus di Laut Flores, Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan. Pulau-pulau itu terbentuk sebagai Kepulauan Macan (14 pulau) dan Kepulauan Passi Tallu (7 pulau). Luasnya mencapai 220.000 hektar~ o_0. 





Kenapa wow? 

Karena pemandangannya eksotik. Faktanya Indonesia memang tempat wisata yang nggak kalah menarik dengan tempat lainnya. Taman Nasional Takabonerate memiliki atol ketiga terbesar di dunia. Apa sih Atol itu? Atol adalah pulau karang berbentuk lingkaran dan biasanya terdapat danau di tengahnya. Biasa ditemukan di laut-laut tropika seperti di Indonesia.  



Kita akan disuguhkan dengan pasir yang putih –beneran putih- dan airnya yang jernih kebiruan. Udara di sana pasti juga sangat sejuk. 





Tak hanya itu, kekayaan alam di bawah airnya juga tak kalah eksotik. Namanya juga atol, berarti banyak karang (koral) yang terdapat di dalamnya. Karang-karang itu berwarna-warni. Tak tanggung-tanggung, sebanyak 261 jenis karang ada di sini. Salah satunya adalah karang berspesies porites cylindrica.

lucu, ya? :D


Sebaran terumbu karang ini hingga 500 kilometer persegi!





Siapa yang tak ingin melihat hewan-hewan laut dari dekat? Di Taman Laut Takabonerate, kita bisa menemukan penyu, kura-kura, bintang laut. Selain itu, ada ikan-ikan lucu seperti ikan Wahoo, ikan Barakuda, ikan Trevally, ikan Marlin, ikan Sailfish, ikan Yellowfins, ikan Dogtooth Tuna, dan ikan Mackerels.

penyu



ikan barakuda

Takabonerate adalah spot yang strategis buat para penyelam. Salah satunya adalah Pulau Tinabo. Banyak penyelam yang jauh-jauh dari dalam maupun luar negeri untuk berselancar di dalam air ini. Bertambah lengkap buat yang suka fotografi juga. Saya bukan penyelam profesional. Maka, bersnorkeling ria pun sangat bisa membuat saya bahagia tak terkira.



Banyak sekali bukan keindahan yang dapat dinikmati? Oh, iya, selain itu, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan telah berupaya sungguh-sungguh dalam mengeksplor alam Taka Bonerate ini. Salah satunya lewat penyelenggaraan Takabonerate Expeditions Festival 2012. Tahun ini merupakan tahun ke-empat bertajuk “Jelajah Kepulauan untuk Melestarikan Terumbu Karang.” Bener banget memang. Selain berwisata kita juga turut serta menyelamatkan lingkungan. FYI, terumbu karang adalah spesies makhluk hidup yang sedang menjadi fokus utama para penyelamat lingkungan, terutama karena ancaman pemanasan global.

melihat mereka meloncat seperti ikut merasakan kebebasan :D



Nah, Takabonerate Expeditions Festival 2012 memiliki buanyaak sekali agenda yang mengasyikkan. Ada lomba memancing tingkat interasional, Selam “massal” Gembira, Lomba Fotografi dengan objek darat maupun bawah laut, maupun tour rame-rame. Selain itu, rencananya aka nada Parade Joloro Hias dan Pagelaran Seni Budaya juga. 

Semoga saya bisa berkunjung ke sana suatu hari nanti. Alhamdulillaah banget kalau dekat-dekat ini, mengingat November merupakan salah satu bulan terbaik untuk berkunjung.

 


referensi:

dephut.go.id

id.wikipedia.org

jajalindo.com

tntakabonerate.com 

ultimatereef.net



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut